Sep09

Isi Kandungan Qur`an Surat Al-Anfal ayat 72 dan Qur`an Surat Al-Hujurat ayat 12 & 10

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Agama Islam
Hai semuanyaaa.. apa kabar?? masih inget sama Norma?? biggrin gak inget juga gak papa u.u . Sudahlah #lupakan. o_O
Jadi gini, malem ini saya mau posting tugasnya saya *masa tugas tetangga???* wkwk razz Norma udah cape cape ngetik loh... ngerjain sendirian *bantuin nape??* B-)
BETEWE ini kan MASIH tanggal 9 September, jadi saya mau ngucapin Selamat Ulang Tahun untuk bapak Presiden kita tercinta, Bapak SBY yang ke-64. Semoga selalu diberi kesehatan dan panjang umur. Dan semoga Indonesia semakin maju atas kinerjanya. Amin. smile Yaudah... langsung aja ke isi postingan ini. Cekidot :-O .
 .
.
ISI KANDUNGAN




»»Q.S. AL-ANFAL : 72««

 surat-al-anfal-ayat-72.jpg

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Ayat ini menyinggung ikatan perjanjian tersebut, yang telah menciptakan ikatan persahabatan yang kuat antara kaun Anshar dan Muhajirin. Dari ayat tadi terdapat tiga pelajaran yang dapat dipetik, yaitu:
1) Berhijrah dari lingkungan kufur, syirik dan dosa untuk menjaga agama dan melaksanakan tugas-tugas agama merupakan suatu perkara yang diharuskan.
2) Perjanjian dan perbatasan antara negara tidaklah menghalangi seorang muslim untuk melakukan tugas-tugas agamanya. Jika ada seorang muslim yang berada di negara lain dalam kondisi teraniaya dan meminta pertolongan kepada kita, kita sebagai saudara sesama muslim harus memberikan pertolongan kepadanya.
3) Berpegang teguh pada perjanjian yang dijalin, termasuk dengan kaum kafir sekalipun adalah sebuah keharusan. Selama pihak lain juga komitmen terhadap janji mereka.

Pada ayat ini disebutkan 3 golongan diantara 4 golongan:
a. Golongan yang mempunyai derajat yang tertinggi dan mulia disisi Allah yaitu kaum Muhajirin yang pertama berhijrah bersama Nabi Muhammad SAW.
b. Golongan kaum Anshar di Madinah yang memeluk agama Islam, beriman kepada Nabi Muhammad SAW.
c. Golongan kaum Muslim yang tidak berhijrah ke Madinah.

»»Q.S. AL-HUJURAT : 12««

surat-al-hujurat-12.jpg

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."

Ayat ini telah menegaskan atau melarang melakukan dugaan buruk yang tanpa mendasar, karena akan dapat menjerumuskan seseorang ke dalam dosa. Dengan menghindari dugaan dan prasangka buruk, maka kita akan hidup tenang dan tentram serta produktif. Ayat tersebut juga membentengi setiap anggota masyarakat dari tuntutan terhadap yang baru bersifat prasangka.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini turut berkenaan dengan Salman Al-Farisi yang apabila ia telah selesai makan maka ia langsung suka tidur dan mendengkur. Pada waktu itu ada yang menggunjing perbuatannya, maka turunlah ayat ini yang melarang seseorang mengumpat dan menceritakan aib orang lain.

»»Q.S AL-HUJURAT : 10««

 surat-al-hujurat-10.jpg

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."

ALLAH SWT berfirman: "Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara". Siapapun asalkan Mukmin, adalah saudara, sebab, dasar ukhuwah (persaudaraan) adalah kesamaan akidah. Ayat ini menghendaki ukhuwah kaum Mukmin harus benar-benar kuat, lebih kuat daripada persaudaraan karena nasab. Hal itu tampak dari:
1) Pertama, digunakannya kata ikhwah dan kata ikhwan yang merupakan jamak dari kata akh(un) yang berarti saudara. Kata ikhwah dan kata ikhwan dalam pemakaian bisa saling menggantikan.
2) Kedua, ayat ini diawali dengan kata innamaa, kata innamaa dalam ayat ini memberi makna hasyr, artinya tidak ada persaudaraan kecuali antar sesama Mukmin, dan tidak ada persaudaraan antara Mukmin dan Kafir.

Rasul SAW bersabda: "Tidak termasuk golongan kami orang yang menyerukan `ashabiyyah yang berperang, karena `ashabiiyyah dan yang mati karena membela `ashabiyyah. (HR. Abu Dawud)
.
.
.

Demikian isi postingan Norma kali ini.
 Semoga bermanfaat. B-) Jangan lupa tinggalkan jejak kakimu, jangan di batu loh! Hahaks.. Tapi di kolom KOMENTAR. wink Kasih komentarmu dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. smile

See you guys. Thanks biggrin
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

8 tanggapan untuk "Isi Kandungan Qur`an Surat Al-Anfal ayat 72 dan Qur`an Surat Al-Hujurat ayat 12 & 10"

04:26 PM, 09-Sep-13
Rodien Mwb

kunjungan malam
keren gan post nya

kunjungi :
http://rodien.mywapblog.com/

04:32 PM, 09-Sep-13
Norma Ayu Febriana

@Rodien Mwb,
terimakasih.. wink
salam kenal.. smile


pasti.. biggrin

01:11 AM, 06-Nov-13
Tina

Makasi

01:02 PM, 07-Dec-13
Risma rimadhani

makasih y kak,materinya sangat membantu dan sngt lgkp.Thnk you smile smile smile

04:46 AM, 08-Dec-13
Norma Ayu Febriana

@Risma rimadhani,
Ya sama-sama... smile Senang bisa membantu biggrin

04:47 AM, 08-Dec-13
Norma Ayu Febriana

@Tina,
Kembali kasih smile

12:27 PM, 12-Dec-13
richi fahreza

materinya sangat memuaskan.. dengan ini ak jadi siap menghadapi tes besok...

terima kasih ya....

01:15 PM, 12-Dec-13
Norma Ayu Febriana

@richi fahreza,
sama-sama.. senang bisa membantu smile

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)