Isi Kandungan Qur`an Surat Al-Anfal ayat 72 dan Qur`an Surat Al-Hujurat ayat 12 & 10

Diposting oleh Norma Ayu Febriana pada 16:56, 09-Sep-13

Di: Agama Islam

Hai semuanyaaa.. apa kabar?? masih inget sama Norma?? biggrin gak inget juga gak papa u.u . Sudahlah #lupakan. o_O
Jadi gini, malem ini saya mau posting tugasnya saya *masa tugas tetangga???* wkwk razz Norma udah cape cape ngetik loh... ngerjain sendirian *bantuin nape??* B-)
BETEWE ini kan MASIH tanggal 9 September, jadi saya mau ngucapin Selamat Ulang Tahun untuk bapak Presiden kita tercinta, Bapak SBY yang ke-64. Semoga selalu diberi kesehatan dan panjang umur. Dan semoga Indonesia semakin maju atas kinerjanya. Amin. smile Yaudah... langsung aja ke isi postingan ini. Cekidot :-O .
 .
.
ISI KANDUNGAN




»»Q.S. AL-ANFAL : 72««

 surat-al-anfal-ayat-72.jpg

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Ayat ini menyinggung ikatan perjanjian tersebut, yang telah menciptakan ikatan persahabatan yang kuat antara kaun Anshar dan Muhajirin. Dari ayat tadi terdapat tiga pelajaran yang dapat dipetik, yaitu:
1) Berhijrah dari lingkungan kufur, syirik dan dosa untuk menjaga agama dan melaksanakan tugas-tugas agama merupakan suatu perkara yang diharuskan.
2) Perjanjian dan perbatasan antara negara tidaklah menghalangi seorang muslim untuk melakukan tugas-tugas agamanya. Jika ada seorang muslim yang berada di negara lain dalam kondisi teraniaya dan meminta pertolongan kepada kita, kita sebagai saudara sesama muslim harus memberikan pertolongan kepadanya.
3) Berpegang teguh pada perjanjian yang dijalin, termasuk dengan kaum kafir sekalipun adalah sebuah keharusan. Selama pihak lain juga komitmen terhadap janji mereka.

Pada ayat ini disebutkan 3 golongan diantara 4 golongan:
a. Golongan yang mempunyai derajat yang tertinggi dan mulia disisi Allah yaitu kaum Muhajirin yang pertama berhijrah bersama Nabi Muhammad SAW.
b. Golongan kaum Anshar di Madinah yang memeluk agama Islam, beriman kepada Nabi Muhammad SAW.
c. Golongan kaum Muslim yang tidak berhijrah ke Madinah.

»»Q.S. AL-HUJURAT : 12««

surat-al-hujurat-12.jpg

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."

Ayat ini telah menegaskan atau melarang melakukan dugaan buruk yang tanpa mendasar, karena akan dapat menjerumuskan seseorang ke dalam dosa. Dengan menghindari dugaan dan prasangka buruk, maka kita akan hidup tenang dan tentram serta produktif. Ayat tersebut juga membentengi setiap anggota masyarakat dari tuntutan terhadap yang baru bersifat prasangka.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ayat ini turut berkenaan dengan Salman Al-Farisi yang apabila ia telah selesai makan maka ia langsung suka tidur dan mendengkur. Pada waktu itu ada yang menggunjing perbuatannya, maka turunlah ayat ini yang melarang seseorang mengumpat dan menceritakan aib orang lain.

»»Q.S AL-HUJURAT : 10««

 surat-al-hujurat-10.jpg

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."

ALLAH SWT berfirman: "Sesungguhnya orang-orang Mukmin itu bersaudara". Siapapun asalkan Mukmin, adalah saudara, sebab, dasar ukhuwah (persaudaraan) adalah kesamaan akidah. Ayat ini menghendaki ukhuwah kaum Mukmin harus benar-benar kuat, lebih kuat daripada persaudaraan karena nasab. Hal itu tampak dari:
1) Pertama, digunakannya kata ikhwah dan kata ikhwan yang merupakan jamak dari kata akh(un) yang berarti saudara. Kata ikhwah dan kata ikhwan dalam pemakaian bisa saling menggantikan.
2) Kedua, ayat ini diawali dengan kata innamaa, kata innamaa dalam ayat ini memberi makna hasyr, artinya tidak ada persaudaraan kecuali antar sesama Mukmin, dan tidak ada persaudaraan antara Mukmin dan Kafir.

Rasul SAW bersabda: "Tidak termasuk golongan kami orang yang menyerukan `ashabiyyah yang berperang, karena `ashabiiyyah dan yang mati karena membela `ashabiyyah. (HR. Abu Dawud)
.
.
.

Demikian isi postingan Norma kali ini.
 Semoga bermanfaat. B-) Jangan lupa tinggalkan jejak kakimu, jangan di batu loh! Hahaks.. Tapi di kolom KOMENTAR. wink Kasih komentarmu dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. smile

See you guys. Thanks biggrin

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

161 tanggapan untuk "Isi Kandungan Qur`an Surat Al-Anfal ayat 72 dan Qur`an Surat Al-Hujurat ayat 12 & 10"

Rodien Mwb pada 17:26, 09-Sep-13

kunjungan malam
keren gan post nya

kunjungi :
http://rodien.mywapblog.com/

Norma Ayu Febriana pada 17:32, 09-Sep-13

@Rodien Mwb,
terimakasih.. wink
salam kenal.. smile


pasti.. biggrin

Tina pada 01:11, 06-Nov-13

Makasi

Risma rimadhani pada 13:02, 07-Des-13

makasih y kak,materinya sangat membantu dan sngt lgkp.Thnk you smile smile smile

Norma Ayu Febriana pada 04:46, 08-Des-13

@Risma rimadhani,
Ya sama-sama... smile Senang bisa membantu biggrin

Norma Ayu Febriana pada 04:47, 08-Des-13

@Tina,
Kembali kasih smile

richi fahreza pada 12:27, 12-Des-13

materinya sangat memuaskan.. dengan ini ak jadi siap menghadapi tes besok...

terima kasih ya....

Norma Ayu Febriana pada 13:15, 12-Des-13

@richi fahreza,
sama-sama.. senang bisa membantu smile

Azizah pada 14:25, 05-Agu-14

Makasih ta kk atas teks nya sangat membantu mengerjakan tugas akusmile
sekali lagi terimakasih ya kkwinksmile

Eky Rundac HC pada 04:37, 06-Agu-14

ini mana ayatnya ko cuma foto doang , ko' ga diketik , Payah

M. Aviz pada 11:55, 06-Agu-14

Syukron smile

nurhayati s.a pada 02:04, 07-Agu-14

makasih banyak ka,atas teks nya bisa membantu mengerjakan tugas

Julpasari pada 09:01, 07-Agu-14

Mksi ea,,,udh dpt mmbntu PR qu.

Riia putri pada 14:17, 07-Agu-14

Makasih kk. Materinya sangat membantu smile

Vinhy pada 07:20, 08-Agu-14

.embbb makasih ya tugasku jdy dh slzai

rosana pada 14:46, 08-Agu-14

Terima kasi atas materinya sangat ber manfaat

nur sulis ramadani pada 10:01, 09-Agu-14

Maksih atas informasinya....
Slam kenal aja kk

Anonymous Reader Coeg pada 12:11, 09-Agu-14

Ijin copas boleh Norma baik? Hahaha arigato

yani pada 05:34, 10-Agu-14

mksh ea kak materi a sngt lengkap ...tankyou

Imas Masturoh pada 07:24, 10-Agu-14

. makasih kak atas postingan nya ngebantu banget buat tugas minggu depan . biggrin

indra pada 10:18, 10-Agu-14

Trima kasih atas semuanya

Muhamad Kabul F pada 14:26, 10-Agu-14

gk keliatan gmbarnya,
(pake ponsel biggrin ),
aku tulis artinya aja., tlisan arabnya pnjem tmen,
=>al-anfal 72,
thanks, mampir di blog saya ya, twisted mrgreen

Fitri pada 02:34, 11-Agu-14

Thankss...

priyo pada 12:31, 11-Agu-14

Makasih, kebetulan ni jg ada tugas

Chindie lorenzha pada 13:02, 12-Agu-14

Terima kasih smile

rizkyheriska pada 13:06, 12-Agu-14

makasih postingannya... ini posting bs mmbantu presentasi bsk... smile

gugun gumilar pada 15:20, 12-Agu-14

makasih kaka atas teksnya biggrin

gugun gumilar pada 15:20, 12-Agu-14

makasih kaka atas teksnya biggrin

DheaRezi pada 16:07, 12-Agu-14

Postingan nya pas banget sama tugas guabiggrin Thanks yaawink

Arbi ah arbiarbiarbi/fb pada 01:56, 13-Agu-14

Terima kasih banyak sob. Sesuai dgn tgas gue postinganya;-D

Santrymaulia ferdana pada 13:52, 13-Agu-14

Makasih ya, jdi siap deh.. Tugas untk besok.

zulhamdi pada 13:55, 13-Agu-14

tanks atas isi kandungannya..???

auliya pada 09:58, 14-Agu-14

mksh atas isi kandungnnya

ilham pada 10:06, 14-Agu-14

mkasih buangettsss .....

putri pada 14:01, 14-Agu-14

Makasih smile

iphanudin pada 15:35, 14-Agu-14

makasih ya kak sangat membantu tugas buat minggu depan,sekali lagi makasih ya kak..smile

iika pada 09:46, 15-Agu-14

mkasih infonya sangat bagus biggrin smile

kartika pada 10:40, 15-Agu-14

terimakasih
infonya lengkap

elang pada 14:32, 15-Agu-14

wah makasih pas banget sama tugas guwe.

seyla pada 14:43, 15-Agu-14

makasih ya kakak atas infonya

mona pada 14:47, 15-Agu-14

keren sngat membantu pelajaran

sri ayu pada 13:32, 16-Agu-14

kk pnggaln surat dan artnya dnk

nasram pada 14:03, 17-Agu-14

Pas bnget sama tgas guwe

devi dian saputra pada 15:18, 17-Agu-14

Terimah kasih membantu tugas gue ni thanks sekali lagi ,sukses teruzz

devi dian saputra pada 15:19, 17-Agu-14

Terimah kasih membantu tugas gue ni thanks sekali lagi ,sukses teruzz buat mbak normaayufebriana

calvin trias pada 15:48, 17-Agu-14

Makasihh smile

Dinda pada 22:28, 17-Agu-14

Bermanfaat bgt nih, soalnya blm ada buku paketnya. Tapi ayatnya ga keliatan. Soalnya online di hp. Syukron smile

Assifah pada 11:17, 18-Agu-14

pas sama tugasku! smile
makasih ka! biggrin

Miluu Afrieda pada 12:36, 18-Agu-14

thanks ya buat infonya.... semoga dapat membantuku

Couzen't pada 13:26, 18-Agu-14

ahk anjirrr teu jelas gambar Arabb na??

Nurul pada 14:54, 18-Agu-14

Makasih ya, membantu banget nih hehehe!biggrin

dela pada 15:25, 18-Agu-14

Lengkap bngt jawabannya mksih ya

innelya qashash pada 15:34, 18-Agu-14

mksh y atas sdekah jariyah ny smile...

mareta iin pada 15:42, 18-Agu-14

kok gak ada hikmahnya dari surat al anfal ayat 72

yulia mey ana pada 04:16, 19-Agu-14

mksih yy kka brkat kka q bsa cpt dptin tgas q

putra rahardi pada 06:07, 19-Agu-14

tenks smua'a

wawan zulfa pada 08:35, 19-Agu-14

Ini semua membantu para siswa trutama siswaku anak smk 2 majene tenks

Norma Ayu Febriana pada 09:00, 19-Agu-14

@wawan zulfa,
iya sama" .. senang bisa membantu

Norma Ayu Febriana pada 09:04, 19-Agu-14

Untuk semuanya terimakasih udah mau ninggalin jejak .. jadi buat ak semangat buat posting lagi. padahal udah lama gak posting.
mengenai gambar emang ak tulis tangan sendiri lalu aku foto ..
cz ini lewat hp susah buat nulis pake huruf arab ..
mohon maaf jika masih ada kekurangan .. karena tulisan ini pasti tidak sempurna. untuk itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari teman-teman semua. sekali lagi terimakasih sudah mau meninggalkan jejak kalian biggrin

andi saputra pada 10:19, 19-Agu-14

thanks yah tugas aku udah selesai

Norma Ayu Febriana pada 12:40, 19-Agu-14

@andi saputra,
iya sama sama smile)

sams pada 12:46, 19-Agu-14

waw makasih atas isi kandungan surat al anfal

DwiiSep pada 12:58, 19-Agu-14

Makasih wink

erniay612 pada 13:00, 19-Agu-14

butuh asbabun nuzul'nya juga..
tp thanks..
artinya membantu...

Dita yulia sari pada 14:47, 19-Agu-14

Jawabannya lengkap, tp pegel nulisnya haha makasih ka

succy pada 15:27, 19-Agu-14

Makasih smile

aditya pada 03:44, 20-Agu-14

i like this
thanks for inform

anissa pada 03:50, 20-Agu-14

mkzh y

heru lesmana pada 05:42, 20-Agu-14

makasih ka telah membuat teks ini. jdi saya bisa mengerjakan tugas

muhamad farhan pada 05:44, 20-Agu-14

makasih biggrin

dede pada 11:01, 20-Agu-14

aku rapopo

Mia Rista pada 13:06, 20-Agu-14

kalau kandungan itu apa sih? ? jawab yah pliss ;wink

hery katzuya pada 14:17, 20-Agu-14

makasih aku bisa ngerjain pr dgn mudah.

hery katzuya pada 14:17, 20-Agu-14

makasih aku bisa ngerjain pr dgn mudah.

rizal pada 14:36, 20-Agu-14

makasih

purwanti pada 07:11, 21-Agu-14

Gua gatau jawabannya yang manaa,wakwawwww=D

maulana rizky pada 08:05, 21-Agu-14

makasiiiih yaaa atas blog yaaaaa

Norma Ayu Febriana pada 12:03, 21-Agu-14

@Mia Rista ,
Kandungan itu sesuatu yang termuat/tersimpan/tercantum didalam surat tersebut

Masyita yulia pratiwi pada 13:55, 21-Agu-14

Terima kasih kak informasinya, sangat membantusmile

Norma Ayu Febriana pada 16:22, 21-Agu-14

@Masyita yulia pratiwi,
ok sama sama

danang pada 04:58, 22-Agu-14

Makasih atas infonya kak, semoga bermanfaat buat yang lain.. Amiin

pojek pada 08:05, 22-Agu-14

makasi

bejok pada 08:06, 22-Agu-14

maksih aku dah tau dari semalam

ahmad pada 08:09, 22-Agu-14

asbabun nuzulnya juga la kk please?

Dina yosiana pada 05:05, 23-Agu-14

dengan adanya hal ini saya begitu mudah mencari surat al-anfal

sausan pada 13:02, 23-Agu-14

Materinya sangat bermanfaat.. Thxsmile)

nabila pada 02:38, 24-Agu-14

terimakasih atas infonya smile

tendi pada 08:50, 24-Agu-14

thanks sangat berguna sekali

aini pada 12:44, 24-Agu-14

Terimakasih

ilham smkn 1 sukatani (new) pada 14:26, 24-Agu-14

sangat menonlong sekali situs ini

terimakasih

mutiaraNH pada 01:41, 25-Agu-14

Makasih ya udah ngepost materi ini sangat bermanfaat sekali untuk para siswa seperti aku ini biggrin

mirandaDL pada 01:43, 25-Agu-14

Makaciw ea

mirandaDL pada 01:43, 25-Agu-14

Makaciw ea materinya

shella pada 07:25, 25-Agu-14

aku suka dengan materi surah an-anfal dan hujurat

tigin pada 12:56, 25-Agu-14

terimakasih

eri pada 15:23, 25-Agu-14

apa yang dimaksud kARAKTER DALAM surat ini

Nhytha pada 02:17, 26-Agu-14

Makasih kakak atas infonya

Nur wattyE pada 11:43, 26-Agu-14

,alhHamdulilLah tugas.y slesai..
Thanks ya ka.. wink

Putri pada 13:54, 27-Agu-14

Terima kasih anda sangat membantu biggrin

Asni Hardinasari pada 14:23, 27-Agu-14

Thankz ya kak , prQ jd selesai dechsmile

ruky maulana pada 14:25, 27-Agu-14

terima kasih kaka

Hafizah pada 14:52, 27-Agu-14

Terima kasih, ini sangat membantu saya mengerjakan PR Agama saya... Hehehe...

Follow me ya, SuperMotivator@HafizahWidya biggrin

Sintiya pada 16:15, 27-Agu-14

Terimakasih atas postingan nya ka Norma smile

Tasqia pada 00:55, 28-Agu-14

Makasih bnyk kakak smile bnar bnar membantu

deniramadon pada 14:40, 28-Agu-14

POSTINGAN YG SNGT BRMNFAAT SYUKRON Y... KLO SMPT MMPR Y.. ?! biggrin

alex odeng pada 02:55, 29-Agu-14

Trina kasih kaka udhh postingin
Jadi tugas sya bisa selesai dechh
Skalii lagii maksiih yhh kk

mardiah pada 05:42, 29-Agu-14

iyah bner2 membantu bngedttt

rofi pada 09:31, 29-Agu-14

thanks

Dedi rudiana pada 10:14, 29-Agu-14

Makasih ya atas postingannya .shingga aq bisa mengerjakan tugas ¿

a... pada 13:45, 29-Agu-14

thanks..

algi wahid pada 13:55, 29-Agu-14

Thx

irma pada 14:38, 29-Agu-14

ngebantu banget ini kak...
makasiih smile

Fuji Rahayu pada 13:43, 30-Agu-14

Makasih ya kak. akhirnya tugas saya selesai juga.

Abdullah Yasin Isa pada 18:01, 31-Agu-14

Kak karna kakak saya dapat menyelesaikan tugas.
Terima Kasih Kakak Norma.. biggrin
Dari: Murid SMK Negeri 3 Medan

Dwieee arianii nak acehh pada 14:38, 01-Sep-14

Heemmmm mksihhhhhh
akhrrrr nyy selesaiiii tugass q
mksihhh y kaggg atassss info nhaaaaaaaasmilesmilesmile

Dwiee sucie ariani pada 14:54, 01-Sep-14

Trimah ksihh ka2k...........
Jadiii tauu arti tentang normaaa nnn bisaa selsai ugag tgass nhaa

dari'' smk negeri 1 takengonnnn

bukanblogbiasa pada 10:35, 02-Sep-14

makacih ya....semoga dpt jg brmanfaat untuk org lain

Riri Nurul Fitriana pada 13:12, 03-Sep-14

terimakasih kak,materinya sangat membantu aku kak biggrin wink

syaifullah pada 14:09, 04-Sep-14

Makasih =D

Lyza ghita pratama pada 15:26, 04-Sep-14

Asalamualaikum.wr.wb
saya igin bertanya apakah semua surat al anfal trsbt mrupakn isi kandungan semua?
By sekian terimah ksih utk semuanya
wassalamualaikum.wr.wb

susi herawati pada 04:39, 06-Sep-14

makasih wink
sangat membantu smile

fahmi ferisa pada 06:14, 07-Sep-14

sipph
you be smart...

Marina Listiawati pada 10:32, 07-Sep-14

Mksih smile
sangat membantu tugas sy \m/

Niswar asriwandi pada 11:30, 07-Sep-14

Mksh yaaa smile

Dewi novita pada 13:27, 07-Sep-14

Makasih ya, atas infonya biggrin

fina pada 15:04, 07-Sep-14

Makasih infonya membantu,besok mau ulangan smile

Alifka pada 12:31, 08-Sep-14

Thanks infonya,materi ulangan harian besok

widya pada 13:51, 08-Sep-14

Mksih ya ka buat materi.y.. Ini ngebantu bangetttt..

ade pada 23:13, 08-Sep-14

Like Gan biggrin
Seep! Makasih Besok Ulangan

tasya pada 03:10, 09-Sep-14

Kenapa kaum muslimin tidak hijrah ke madinah ?

nasyia ayuza pada 03:36, 10-Sep-14

makasih atas postingannya sangat membantu :d

novy anggraini pada 23:06, 11-Sep-14

sangat membantu sekali! Lain kali posting yang lain-lain juga ya.

Zalvio hadiaksa m.nur pada 09:28, 12-Sep-14

Terimah kasih..!!!
berkat ini tugas saya jadi selesai..

yunita rizky pada 15:02, 12-Sep-14

Thanks yah kaka
Sangat membantu tugar saya
Semangat buat ka Norma

lira miftah urrahmah pada 06:36, 18-Sep-14

Syukron

Riyan ahmad fauzi pada 19:36, 18-Sep-14

trimakasih . bisa mnambah wawasan saya

QOYYUM AL NASHRULLOH pada 19:53, 19-Sep-14

Trimakasi atas informasinya

Dinny pada 16:02, 21-Sep-14

Terimah kasih ea kak..smile

ArdhiaDP pada 13:00, 24-Sep-14

Makasih kakak buat postingannya.

Kevin BA pada 14:47, 25-Sep-14

Thnks ya :3

setiawan aji pada 13:35, 26-Sep-14

wah makasih kak ^_^
skalian gw ringkas tx

Jesika pada 13:50, 26-Sep-14

Ini sangat bermanfaat

tiza pada 10:08, 27-Sep-14

Makasih ya kak. Postinganya membantu banget

kholies pada 04:36, 28-Sep-14

makasih yh mbk.. smga bsa nmbah lagi potingannya biar yg mampir jd bnyak....sukses

Erdhin Kiddrock Starts pada 14:42, 29-Sep-14

Thank you very Much !!
smile

Erdhin Kiddrock Starts pada 14:43, 29-Sep-14

Thank you very Much !!
smile

Muh.Erdhin pada 14:49, 29-Sep-14

Thanks
smile

haddad pada 12:45, 03-Okt-14

Makasih

amly pada 07:20, 04-Okt-14

thanks

kurnia gustianika pada 16:01, 04-Okt-14

ini pelajaran bab 1 persis di LKS aku besok mau mid semester ulangannya tentang yg di bahas di atas sama asmaul husna , doain aku ya biar nilai aku di atas KKM AMIN

siti fatimah pada 09:07, 05-Okt-14

terimakasih ini sangat membantu saya

ika novianti pada 04:41, 06-Okt-14

makasihh smile
sangat bermanfaat.. smile

Riswanda kuncahyo pada 22:24, 07-Okt-14

Informasi nya lengkap, cocok buat tugas sekola
nice

Ayhu Dewi Saputri pada 03:18, 08-Okt-14

palang palang mi tawwa cika..........smile:*

chysilhusain pada 11:54, 12-Okt-14

semoga ulangan besok bisa di jawab amin makasi yaaa😊

Riski Rastari pada 13:27, 12-Okt-14

apa pngertian berhijrah dan berjihad?

ulfa pada 02:20, 16-Okt-14

ujian Gue nanti

Andyantho pada 02:56, 19-Okt-14

Trimakasih..,

iwan pada 22:01, 01-Nov-14

assalamualaikum makasih ijin copy smile

muh.asri brama pada 08:33, 04-Nov-14

makasih atas informasinya sangat bermamfaat bagi kehidupan sehari-hari............

ratu denis pada 07:58, 10-Nov-14

terima kasih atas semuanya . bermanfaat untuk kehidupan sehari hari .terutama bagi saya sendiri , semoga mendapat pahala yang besar dari allah swt

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)